Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Manfaat Kunyit Asam Bagi Wanita

Written By batlax on Saturday, May 4, 2013 | Saturday, May 04, 2013

Di Indonesia, jamu menempati urutan pertama sebagai minuman herbal berkhasiat yang ampuh menjaga kesehatan, kecantikan juga stamina. Jamu memang terbuat dari beragam tumbuhan herbal dan juga rempah. Maka itu wajar jika kemudian khasiatnya menjadi beragam.  Salah satu jenis jamu yang digemari khususnya bagi wanita adalah jamu kunyit asam. Tak seperti jamu lainnya, rasa kunyit asam sedikit manis dan juga menyegarkan. Kabarnya jamu ini memiliki beragam khasiat terutama bagi Anda para wanita. Salah satu manfaat kunyit asam ini adalah melangsingkan tubuh. Tak percaya? Berikut uraiannya.

Kunyit Asam: Si Segar Menyehatkan

Jamu kunyit asam terbuat dari bahan utama yakni kunyit dan juga asam. Kunyit sendiri merupakan kelompok umbi-umbian yang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain sebagai pewarna alami, ia juga bisa menambah cita rasa makasan. Kunyit dalam dunia kesehatan sudah lama dikenal khasiatnya antara lain mendinginkan badan, membersihkan perut khususnya pada lambung, merangsang juga melepaskan kelebihan gas yang ada di dalam tubuh. mencegah terjadinya penggumpalan darah dan lain-lain. Bahan jamu kunyit asam lainnya adalah asam jawa.  Ia digolongkan sebagai buah dan banyak digunakan dalam bebagai masakan khas Indonesia. Pohon asam jawa bernama tamarindus indica yang dimasukkan ke dalam suku polong-polongan. Asam jawa dikenal ampuh menambah kesegaran tubuh. Kombinasi manfaat kunyit dan asam jawa ini berpadu dalam segelas minuman jamu kunyit asam.
Saat ini minuman kunyit asam sudah bisa dijumpai dalam bentuk kemasan instan.  Minuman ini memang dikenal sangat berkhasiat dan dicari banyak orang. Manfaat kunyit asam cukup beragam, antara lain:

  1. Ramuan kunyit asam sudah sejak dahulu kala dikenal sebagai minuman untuk memperlancar proses menstruasi pada wanita. Jika ditinjau dari segi ilmiah ternyata kunyit memang memiliki kemampuan dalam mendorong organ hati agar menghasilkan empedu pemecah lemak sementara itu asam jawa juga ternyata bisa memacu denyut jantung agar memompa darah lebih baik sehingga peredaran darah jauh lebih baik. 
  2. Manfaat lain dari kunyit asam adalah untuk melangsingkan badan. Kabarnya, senyawa yang ada di dalam kunyit dan juga asam jawa bisa membuat sistem metabolisme di dalam tubuh jauh lebih baik. Selain itu, kunyit asam ini bisa membuat peredaran darah lancar sehingga lemak terbuang dan oksigen dengan  mudah mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini akan membuat tubuh Anda segar, sehat dan berat badan terjaga sebab lemak sukar untuk menumpuk.
  3. Memperbaiki luka di dalam lambung. Hal ini terkait dengan kandungan kurkumin atau warna kuning pada kunyit.
  4. Sebagai anti-inflamasi. Khasiat ini terkait dengan kandungan minyak atsiri pada kunyit.
  5. Mencampur kunyit asam dan daun sirih juga ampuh membersihkan organ kewanitaan.

Racik Sendiri Kunyit Asam Anda!

Saat ini, dengan mudah Anda bisa mendapatkan jamu kunyit asam instan. Memang terbuat dari bahan herbal, tapi semua yang instan tetap tak sepadan jika dibandingkan dengan racikan sendiri. Karena itu, tak ada salahnya jika Anda memperoleh manfaat kunyit asam dari hasil racikan Anda sendiri. berikut resepnya.

Siapkan bahan, antara lain:

Asam jawa sebanyak 250 gram.
Kunyit sebanyak 250 gram.
Gula jawa sebanyak 1/8.
Air mentah sebanyak 1 liter.
Garam sebagai penyedap.

Cara Membuat Kunyit Asam:

Pertama, bersihkan kunyit dan buka kulitnya. Setelah itu haluskan dengan parutan atau blender. Kemudian saring dan ambil airnya. Panaskan kompor dan rebus air perasan kunyit tadi. Setelah panas, masukkan gula dan juga asam. Aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan garam. Kembali aduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Setelah itu siap diminum.