Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cara Mengobati Luka Bakar

Written By batlax on Friday, April 12, 2013 | Friday, April 12, 2013

Serbuk Kopi dan Tepung Terigu Cara Efektif Mengatasi Luka Bakar - Wah, sebenarnya sudah lama mau memberikan tips Pertolongan pertama untuk luka bakar, sebelunya saya telah membahas Mengenal Angin Duduk. Biasanya penderita luka bakar, panik dan mengambil kesimpulan untuk segera pergi ke dokter, hal tersebut maklum saja, tetapi alangkah baiknya uangnya buat disedekahkan, dan untuk obat luka bakarnya diganti dengan tips sehat dibawah ini, karena tips mengatasi luka bakar ini, berdasarkan pengalaman pribadi dan tetangga. berikut tips terbaik mengatasi luka bakar ringan dan berat.

Hampir setiap kita pernah mengalami luka bakar,  tentunya anda sudah tahu seperti apa rasanya. Luka bakar biasanya disebabkan oleh bahan yang menghantarkan panas, seperti api, matahari, air panas, minyak panas, cairan lilin panas, zat kimia dll.

Kategori Luka Bakar Pada Kulit Manusia

. Adapaun luka bakar diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :

1. Luka bakar tingkat 1 apabila hanya mengenai lapisan permukaan kulit , ditandai kulit memerah.
2. Luka bakar tingkat 2 apabila lapisan pertama terbakar habis dan mengenai lapisan ke 2 ; ditandai kulit      melepuh dan membengkak, dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat.
3.  Luka bakar tingkat 3 apabila daerah yang terkena seluruh lapisan kulit dan bahkan lebih dalam lagi.Biasanya ditandai dengan bagian yg menghitam,dan dapat menimbulkan kerusakan syaraf. Pada tingkatini luka tida begitu sakit.

Pada dasarnya bila kita terkena luka bakar, reaksi spontan adalah memberikan mentega ataupun pasta gigi kepermukaan yg terkena luka bakar.

Yang benar kenali dulu penyebab luka bakar anda, dengan mengenali penyebabnya anda dapat menanganinya dengan tepat. Cara yang dianjurkan secara medis adalah menyiram bagian yang terkena luka bakar dengan air yang mengalir selama beberapa saat. Tetapi saya pribadi beberapa kali melakukan hal itu setiap mengalami luka bakar, tetap saja ada bagian yang melepuh.

Pengalaman Luka Bakar

  • Solusi dengan Tepung Terigu
Suatu hari saat berbincang-bincang dengan seorang teman, dia mengatakan kalau cara yang paling ampuh mengobati luka bakar adalah dengan menaburkan atau menggosokkan ” tepung terigu “ dan cara itu sangat ampuh, bagian yang terkena luka bakar tidak memerah ataupun melepuh. Saya sudah membuktikannya beberapa kali sewaktu saya terkena cipratan minya panas dan juga terkena setrika panas. Sangat dianjurkan  ” tepung terigu “ dimasukkan kedalam kulkas, karena reaksinya lebih cepat.
  • Solusi dengan Putih Telur
Selain ” tepung terigu “ anda juga dapat mempergunakan ” putih telur “, disaat terkena luka bakar putih telur langsung dioleskan.
  • Solusi dengan Serbuk Kopi
sumber: kompasiana.com